Sabtu, 03 April 2010

Pentingnnya Ilmu Investasi

Banyak bisnis yang dapat dilakukan baik dalam jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Salah satu bisnis yang dapat dilakukan yaitu dengan menanamkan uang pada suatu perusahaan atau proyek untuk mendapatkan nilai tambah atau keuntungan di kemudian hari. Harapan pada keuntungan di masa mendatang merupakan sebuah kompensasi atas waktu dan risiko yang terkait dengan suatu investasi yang dilakukan.

Sebelum seseorang atau investor berinvestasi pada suatu proyek, sangat penting untuk mengetahui layak atau tidak suatu proyek investasi dijalankan. Hal ini akan menjadi acuan bagi investor untuk mengetahui keadaan suatu proyek agar tidak keliru dalam menanamkan modal yang memberikan profit yang lebih baik. Studi kelayakan investasi merupakan prasyarat mutlak dalam mengajukan permohonan untuk memperoleh sumber-sumber pendanaan kepada pihak investor atau lembaga keuangan. Penyusunan studi kelayakan investasi yang tepat dan akurat sangat penting untuk memulai suatu kegiatan investasi dalam jumlah besar untuk jangka waktu tertentu. Seringkali penolakan atas suatu usulan kegiatan atau proyek investasi bukan dikarenakan proyek tersebut tidak prospektif, akan tetapi lebih dikarenakan studi kelayakan investasi yang disusun tidak lengkap, penyajian data yang tidak akurat atau penggunaan metode analisis yang kurang tepat.

Kesalahan dalam perencanaan atau evaluasi kelayakan rencana investasi akan menimbulkan dampak negatif yang berlangsung lama atau kerugian yang sangat besar. Sementara itu, manfaat atau keuntungan baru dapat dinikmati beberapa bulan atau tahun setelah investasi dilakukan dan risiko yang dihadapi cukup besar. Pelaksanaan keputusan investasi yang keliru tentu saja tidak dapat direvisi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk dilakukan studi kelayakan investasi agar tidak terjadi kekeliruan dan kesalahan dalam pengambilan keputusan investasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar